Powered by Blogger.

Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

Advertisement

ads
Image: life.viva.co.id

Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan - Di Indonesia, teh merupakan salahsatu minuman favorit dalam jamuan makan hingga sekadar menjadi teman kudapan saat bersantai. Dalam klasifikasinya, teh dibagi menjadi 4 kelompok yaitu teh hitam, teh olong, teh hijau dan teh putih.

Berbagai penelitian menyebut teh memiliki kandungan antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh yang segar, kadar katekin bisa mencapai 30 persen dari berat daun kering. Teh hijau dan teh putih memiliki kandungan katekin yang cukup tinggi, tetapi teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi.

Meta-analisis pada 22 studi lainnya mengenai teh juga mengatakan teh bermanfaat bagi kesehatan. Minum teh sebanyak 3 cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung koroner, osteoporosis, menurunkan tingkat depresi, pendarahan intraserebral, kanker , dan kematian tiba-tiba.

Namun Meski banyak manfaat, jangan asal minum, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama hindari meminum teh setelah makan. Minum teh setelah makan dapat menggangu penyerapan zat besi yang dikonsumsi dalam makanan. Sebaiknya, teh diminum kurang lebih 2 jam sebelum atau sesudah makan. 

Kedua, disarankan juga untuk tidak meminum teh yang terlalu kental atau hitam. Teh yang terlalu kentan atau hitam memiliki sifat diuretik yang tinggi sehingga buang air kecil akan lebih sering dan tubuh sering merasa haus, bahkan dapat menyebabkan dehidrasi.





Sumber: http://m.detik.com/health/read/2015/10/06/200502/3037643/763/ragam-manfaat-minum-teh-bagi-kesehatan-manusia

Advertisement

ads
Tag : kesehatan
0 Comments for "Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan "

Terimakasih Sudah Berkunjung. Ditunggu Komentar dan Masukan Positifnya :)

Back To Top