Powered by Blogger.

Tips Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat

Advertisement

ads
Image and video hosting by TinyPic[pict]terbaru-terbaik.blogspot.com


Tips Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat
- Wajah mulus saja tidak cukup, jika komedo masih tetap saja berkumpul dan menutupi pori-pori. Kotoran penyumbat
pori-pori ini mempunyai bentuk kecil, berwarna hitam maupun putih. Karena adanya komedo, wajah halus menjadi
terlihat kotor dan kusam.

Komedo timbul dikarenakan akibat penumpukan minyak yang terlalu over, serta sel kulit mati. Saat membersihkan wajah, komedo sering terabaikan. Biasanya, komedo muncul di area T seperti : dahi,
hidung, dan dagu, juga di bawah mata dan pipi.

Hindari cara memencet komedo untuk menghilangkannya, sebab akan menimbulkan merangsangnya jerawat bernanah yang dapat memperparah kondisi wajah, sehingga dapat menimbulkan infeksi.


Komedo terbagi menjadi 2 macam jenis, diantaranya adalah :



1. Blackhead (komedo terbuka)

Tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarana kehitaman sebab teroksidasi oleh udara.

2. Whitehead (komedo tertutup)

Terdapat di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, terlihat layaknya benjolan kecil-kecil dibawah kulit.



Berikut tips-tips untuk menghilangkan komedo, diantaranya adalah :


1. Terlebih Dahulu Kenali Jenis Kulit Anda

Sering kali, komedo muncul pada kulit wajah yang berminyak. Secara terlebih dahulu mengenali jenis kulit anda, karena dapat memudahkan anda untuk memilih
produk pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah anda.



2. Pilih Pembersih yang Tepat

Pembersih yang tepat bisa menjadikan wajah bersih berkilau, segar, dan kenyal. Beri selang waktu sebulan untuk menguji efektivitas pembersih yang anda gunakan.



3. Pilih Pelembab yang Cocok

Bagi yang memiliki kulit normal dan berminyak, gunakanlah pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem alami yang dapat mengatur kelembapan kulit.



4. Jauhkan Produk Comedogenic

Produk lain yang dapat menyebabkan munculnya komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Harus diketahui, bahwa bedak padat merupakan produk yang mempunyai kandungan zat comedogenic paling tinggi. Pemakaian bedak terlalu lama, tidak hanya komedo, tetapai juga
menyebabkan munculnya jerawat.



5. Gaya Hidup Sehat dan Cukup Gizi

Istirahat dan tidur yang cukup, hindari hidup stress. Ketika keadaan tubuh menurun, kuman-kuman gampang menyerang tubuh.



6. Facial

Facial merupakan salah satu metode untuk menghilangkan komedo secara menyeluruh dan tepat. Facial dilakukan
secara berkala, dan sesudah masa datang bulan. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar saat haid, yang memproduksi minyak lebih banyak.



7. Diet

Kurangi makan-makanan seperti cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, mangga
matang, alpukat, kerang, krim bubuk, seperti) jenis susu (full cream, low, atau non fat ), gorengan, santan, dan daging berlemak.



8. Ke Dokter Kulit

Kalo ingin cepat-cepat menghilangkannya periksakan ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan memberi saran untuk facial dan memberikan obat tertentu. Kalo sudah banyak komedo, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.



Berikut ini merupakan cara untuk mengangkat komedo, diantranya adalah :



1. Memakai Putih Telur

Gunakan sedikit putih telur, simpan di wadah, kocok sampai berbusa. Selanjutnya oleskan disekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup pakai tisu. Diamkan sampai benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Dibagian dalam tisu, maka akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.



2. Scrub Sayur dan Masker Kacang

- Haluskan selembar daun kailan, selembar daun seledri, setengah buah apel, campurkan perasan jeruk lemon. Oleskan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu cuci.


- Uapi wajah menggunakan air panas yang sudah diberi 1 sendok makan garam. Diamkan 10 menit. Uapan garam dapat membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler dibawah kulit dan memperlancar peredaran darah ke
kulit.


- Campurkan sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, biarkan 30 menit, lalu cuci menggunakan air bersih. Gunakan beberapa kali.


Demikian
Tips Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat
, semoga bermanfaat.


Bagaimana pendapat sobat tentang artikel diatas? Senang rasanya jika bisa saling berbagi komentar dan pendapat. Salam sukses selalu...


Sumber artikel: www.tipsmenghilangkanjerawat.org | Posted by Tips Menghilangkan Jerawat

Advertisement

ads
1 Comments for "Tips Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat"

Terimakasih Sudah Berkunjung. Ditunggu Komentar dan Masukan Positifnya :)

Back To Top